Sunday, December 1, 2013

Pilih DSLR Terbaik 2013 Canon 5D Mark III vs Nikon D800

Mending Canon 5D Mark III atau Nikon D800? Hmmm, jika uang ada, kedua pilihan kamera DSLR terbaik ini jelas membuat bingung. Ya, memang mereka berada di kelas yang sama. Otomatis mulai dari fitur, kinerja, dan harga, tidak jauh berbeda. Lalu, apakah anda akan berdiam diri melamun dan berandai-andai terus, dan akhirnya tidak jadi beli kamera? Tentu tidak bukan. Ok, sekarang kita lihat masing-masingnya dengan lebih dalam. Jika kemudian dari salah satu atau salah banyak paparan berikut ini menguatkan atau melemahkan pilihan anda, itu bagus. Artinya anda sudah semakin dekat dengan pilihan kamera DSLR terbaik bagi kebutuhan, kebiasaan, dan keinginan anda. Dan itu bagus. Semoga tidak malah bikin tambah bingung ya…. Hehe….

Mengapa mereka kamera terbaik? Padahal bukan yang paling mahal?

Canon 5D Mark III dianggap hanya kalah dari Canon 1DX yang seharga lebih dari 50 jutaan. Sedangkan Nikon D800 adalah kelanjutan Nikon D700. Kualitas dan performanya hanya kalah dari Nikon D4 yang dianggap sebagai DSLR terkuat milik Nikon. Canon 5D Mark III dan Nikon D800 termasuk dalam kategori DSLR Full Frame dan direkomendasikan bagi fotografer kelas professional mendekati kelas flagship. Keduanya juga memiliki teknologi prosesor terbaru yakni EXPEED 3 untuk D800 dan DIGIC +5 untuk 5D Mark III.

Desain

Selayaknya DSLR professional lain, Canon 5D Mark III dan Nikon D800 memiliki tombol banyak dan layar monitor untuk pengaturan Exposure diatas. Perbedaan yang mencolok adalah Nikon D800 memiliki desain karet viewfinder yang berbentuk bulat, sedangkan 5D masih standar kotak. Sedangkan pada bagian grip belakang 5D terlihat lebih luas dengan bahan karet yang hampir menenuhi sisi kanan body belakang kamera. Lekukan untuk penyangga jempol juga sangat memenuhi kenyamanan pengguna.

Canon 5D Mark III vs Nikon D800Berbeda dengan D800 yang memiliki area grip belakang standar dan karet yang hanya sebagian saja. Selain itu, Nikon juga tetap memasang dial serba guna untuk Shutter Speed dan pengaturan lain di bagian atas kanan. Tidak terlihat hal yang sama pada 5D, dan Canon agaknya tetap memasang dial serba gunanya hanya pada bagian atas. Bagi yang terbiasa menggunakan DSLR semipro Nikon tentunya lebih terbiasa menggunakan 2 dial dibelakang dan belakang. Selebihnya kedua kamera ini menggunakan bahan utama yakni Magnesium alloy.

 

Spesifikasi

Berbicara tentang spesifikasi pastinya merupakan kekuatan bagi kedua kamera dan mungki menjadi penentu siapa yang terbaik. Canon 5D Mark III hadir sebagai DSLR yang memiliki ukuran efektf pixel  hingga 22.3 Megapiksel. Sedangkan Nikon D800 memiliki ukuran efektif pixel lebih jauh yakni mencapai 36.3 Megapiksel. Ukuran 36.3 Megapiksel ini tentunya merupakan langkah jauh dari Nikon setelah sebelumnya mereka hanya memiliki D3 dengan ukuran 12 Megapiksel.

Tentunya ukuran ini akan mempengaruhi besaran hasil foto, Anda bisa mencetak ukuran foto sangat besar dengan efektif pixel 36.3 Megapiksel. Meski kalah dalam efektif pixel, Canon 5D Mark III ternyata justru unggul pada banyaknya titik Autofocus. Setidaknya D800 hanya memiliki 51 titik dengan 15 cross type poin, sedangkan 5D Mark III memiliki 61 titik dengan 41 cross type point. Pastinya dengan ada titik Autofocus sebanyak itu memberi keleluasaan bagi fotografer yang ingin menangkap detail foto lebih luas.

Mengenai sensivitas cahaya ISO, Canon boleh lebih berbangga lagi karena menawarkan angka lebih banyak dan tinggi yakni 100 sampai 25600 kemudian ditambah ekspansi hingga 102400. Coba saja bandingkan dengan D800 yang hanya menawarkan angka ISO dari 100 sampai 6400 dengan tambahan ekspansi 25600. Pada penggunaan ISO maksimal 25600, gambar dari D800 sedikit lebih noise dibandingkan gambar milik 5D Mark III. Namun dalam kekurangannya tersebut ternyata gambar dari D800 masih memiliki detail bagus dan warna kontras yang terjaga. Kemudian beralih pada kecepatan rana yang keduanya memiliki batasan maksimal sama yakni 1/8000 detik.

Continous Brust atau sederhananya fitur pemotretan beruntun,  Canon 5D Mark III sekali lagi lebih unggul dengan kisaran 6 frame per detik. Bandingkan dengan Nikon D800 yang hanya mampu memotret dalam kisaran 4 frame per detik. Banyaknya kemampuan dalam Continous Brust juga didukung dengan baterai Canon LP-E6 yang bisa digunakan hingga 950 pengambilan foto. Sedangkan Nikon menyatakan bahwa baterai EN-EL15 dalam D800 hanya bisa digunakan untuk 900 pengambilan foto.

Ketahanan dan Lampu Kilat

Dengan segala kelebihannya ternyata Canon 5D Mark III tidak memiliki ketahanan Shutter lebih baik dibanding Nikon D800. Pasalnya Shutter Count D800 diklaim bertahan hingga capaian angka 200 ribu, sedangkan 5D Mark III hanya bertahan hingga 150 ribu saja.

Dan satu lagi kelemahan dari 5D Mark III, yakni ketiadaan built in flash pada body sehingga penggunanya harus selalu menggunakan flash eksternal untuk kebutuhan lighting lebih. Bandingkan dengan D800 yang tetap memiliki built in flash pada body. Cukup mengherankan memang, kamera dengan harga puluhan juta ternyata tidak memiliki built in flash. sumber: Paseban.

Harga dan Kesimpulan

Untuk masalah harga, di pasaran Indonesia Nikon D800 dibanderol dengan harga Rp 29 jutaan. Sedangkan Canon 5D Mark III mencapai Rp 34 jutaan. Beda 5 jutaan. Bagi yang memang butuh dan ada uang, beda 5 juta rentangnya tidak jauh. Bagi pemula, atau orang yang tidak terlalu butuh kamera DSLR, beda 5 juta itu rentangnya jauh sekali. Jadi, anda termasuk orang yang mana? Hehe… Silahkan timbang-timbang lagi.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Chandra Djiwa is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger