Wednesday, March 19, 2014

Perseteruan di kelas Ultra Wide : Tokina 11-16mm f/2.8 AT-X 116 Pro DX Canon-ef vs Canon EF-S 10-22mm f/3.5-4.5 USM

www.chandradjiwa.blogspot 20          Canon EF-S 10-22mm f/3.5 USM               Tokina 11-16mm f/2.8 AT-X

Perseteruan Wide lens untuk kelas APS-C (bodi dengan sensor dengan crop fakto 1.6x) cukup seru juga untuk dibahas. Ide nulisnya sendiri dilatarbelakangi ketika saya pengen beli wide lens untuk bodi 60D saya. ada 2 pilihan yang cukup membingungkan saat itu, antara beli Canon EF-S 10-22mm f/3.5-4.5 USM atau Tokina 11-16mm f/2.8 AT-X 116 Pro DX Canon-ef .Setelah baca-baca referensi, tanya kanan kiri, akhirnya.. (bersambung hehe)

Bagi kalian yang mempunyai kamera berbodi APS-C dan ingin untuk berekplorasi untuk memotret dengan sudut lebar atau super lebar (dibawah 18mm), kalian punya beberapa opsi untuk jadi bahan pertimbangan. Jelas buat yang punya bodi canon, lensa canon akan jadi pilihan pertama. Yups, benar! Canon EF-S 10-22mm f3.5 – 4.5 USM. Tapi tunggu dulu! Kalian musti coba lihat tawaran dari pabrikan third party yaitu Tokina 11-16mm f2.8.

www.chandradjiwa.blogspot 14

Ngomongin soal Canon EF-S 10-22mm, sebenarnya sudah tidak ada yang perlu dibahas lagi. rentang zoomnya setara dengan 16-35mm pada bodi full frame. USM motornya halus banget dan cepat, MFnya juga bandel. Tapi si Tokiyem alias Tokina 11-16mm f/2.8 tidak mau kalah kualitas. secara kecepatan Tokina memimpin 1 stop diatas Canon. Body build si Tokina pun terbuat dari bahan polycarbonate yang terkenal kokoh. Tak cukup hanya itu, mekanis lensa Tokina pun berbahan solid metal, udah kaya tank dech pendeknya. Sedang si Canon berbahan plastik saja.

www.chandradjiwa.blogspot 17Namun Tokina mempunyai zoom range yang lebih pendek dari rivalnya Canon. Untuk saya pribadi, hal itu tidak berpengaruh sekali. Karena saya lebih sering memakai di ring 11mm, anyway ini kan lensa wide jadi kenapa harus repot dengan panjang zoomnya. Selain itu, Fakta mengatakan bahwa prime lens lebih optimal untuk lensa dengan rentang fokal konstan. Artinya lensa dengan rentang zoom yang lebih pendek akan dan pasti menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus dan tajam dibanding yang rentang zoomnya lebih panjang. Jadi kesimpulan saya, Canon kalah telak dari Tokina. Bayangkan saja selain rental zoomnya lebih pendek, Tokina juga mempunyai aperture/ bukaan yang lebih lebar di F/2.8.

Ketajaman

Masalah ketajaman lensa, Tokina lebih unggul dari Canon di bagian tengah dan pojok dari hasil jepretan. Selain memang bukaan Tokina yang lebih besar dari Canon, seperti yang sudah saya bahas diatas. Sedang untuk Canon 10-22 ketajaman dipinggiran gambarnya masih bisa dibilang bagus, kecuali pada rentang 22mm. Gambar yang dihasilkan cenderung soft pada f/3.5.

www.chandradjiwa.blogspot 15

Fokus

Kecepatan fokus Tokina 11-66mm sangat memuaskan, walau ada sedikit noise tapi tidak terlalu mencolok. Kemampuan mem-fokusnya pun cukup presisi. Catatan saya lebih pada mekanis tuas untuk AF dan MF nya yang terbilang unik. untuk mengganti dari mode AF ke MF anda cukup menarik atau mendorong ring fokusnya. Ini tidak sepeti kebanyakan lensa yang menggunakan tuas di bagian belakang lensa, jadi perlu waktu untuk membiasakannya.

Chromatic aberrations

Chromatic aberrations atau disingkat CA, yaitu bayangan berwarna pada bagian tepi objek menjadi masalah untuk kedua jenis lensa ini. CA biasanya berwarna kejingga-jinggaan. Tapi CA yang dihasilkan Canon sedikit lebih baik. Efek Flare pada Canon pun lebih baik ketimbang Tokina.

www.chandradjiwa.blogspot 18

Singkatnya, Tokina unggul dalam hal kecepatan, ketajaman, bahan lensa, dan vignet (atau tepi kehitaman di pojok gambar) yang dihasilkan lebih tipis atau kurang dibanding Canon. Secara hargapun Tokina lebih murah Rp 1.000.000an dibanding Canon. Jadi akhirnya (lanjutan paragraf 1) saya menjatuhkan pilihan saya pada Tokina 11-16mm f/2.8 AT-X PRO DX. selamat memotret!

1 comments:

  1. rental lensa tokina 11-16 mm dan 10-22
    kalau bisa gonta ganti kenapa beli heheh

    http://bantulkamera.com/home

    ReplyDelete

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Chandra Djiwa is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger