Tuesday, November 19, 2013

Sony Alpha NEX-5T, Kamera Mirrorless NFC

Sony Alpha NEX-5T, Kamera Mirrorless lengkap dengan NFC | Kalau anda pengguna NEX-5R yang keluar tahun lalu, anda akan mengalami pengalaman yang kurang lebih sama dengan yang ditawarkan oleh Sony Aplpha NEX-5T ini. Penambahan fiturnya yang utama terletak pada keberadaan NFC (near field communication) yang memungkinkan perangkat untuk berbagi file dengan mudah dan cepat. Harganya sekitar 8,99 juta. Cukup sepadan dengan teknologi dan kemudahan yang dibawanya.

Selain fitur NFC, Aplha NEX-5T juga berbeda dari lensa yang dipakainya. Dengan lensa 16-50 mm f/3.5-5.6, sementara NEX-5R pakai 18-55 mm f/3.5-6.3. Ini membuat tampilan NEX-5T lebih kompak. Lensa 55-210 mm f/4.5-6.3 juga disertakan dalam boks penjualan.

Untuk fitur-fitur yang lain, masih sama dengan pendahulunya, seperti sensor 16,1 megapiksel Exmor APS HD CMOS, Fast Hybrid dan sistem pendeteksi kontras serta autofocus.

Sony Alpha NEX-5T

Layar LCD 3 inci dengan resolusi 921 ribu titik juga bisa diangkat hingga membentuk sudut 180 derajat. Kamera ini juga dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dan aplikasi PlayMemories Camera. Adapun sensitivitas ISO 100-25600, baik secara mekanik maupun elektronik.

NEX-5T, dengan bodi dibalut bahan magnesium, memiliki kemampuan menangkap gambar bergerak pada 10 frame per detik dengan resolusi penuh. Sedangkan pada mode video, kamera ini mampu merekam pada resolusi full HD 1.920 x 1.080 p dengan kualitas AVCHD.

Desain

Pegangan tangannya dilapisi bahan karet. Begitu juga di bagian belakang, terdapat karet berbentuk kotak kecil untuk menempelkan ibu jari. Sehingga jadi nyaman dipegang. Tanpa lensa, beratnya sekitar 218 gram.

Sayangnya, tak ada lampu flash yang tertanam di kamera ini. Untuk pengambilan gambar di kondisi gelap, harus ditambah flash, yang bisa dipasang di port pada bagian atas. Port itu juga bisa digunakan untuk tambahan optical viewfinder, electronic viewfinder, dan mikrofon.

Di bagian atas kanan kamera, ada tombol Fn atau function, yang berguna untuk akses ke fokus, mode metering, dan white-balance. Fungsi ini bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Selain itu, ada tombol putar untuk mengubah setelan aperture atau shutter speed.

Fitur

Layar LCD seluas 3 inci bisa diputar ke atas hingga 180 derajat. Kemampuan ini cocok untuk pengambilan gambar low angle atau memotret diri sendiri. Tampilan gambar pada layar sangat jernih dan terang meski di bawah sinar matahari.

Saat kamera terhubung ke jaringan Internet melalui koneksi Wi-Fi, kita dapat mengakses dan mengunduh berbagai aplikasi yang disediakan. Ada yang gratis, tapi kebanyakan harus bayar, seperti Bracket Pro & Time-Lapse.

Baterai jenis lithium-ion yang bisa diisi ulang mampu bertahan hingga 330 kali jepretan. Menariknya, kamera ini dilengkapi dengan Sony InfoLithium, yang artinya berapa persen lagi daya baterai tersisa bisa terlihat di kamera.

Salah satu fitur yang menyenangkan dari kamera ini adalah kemampuan mengambil gambar dalam mode panorama. Caranya, cukup tekan tombol shutter dan arahkan kamera sesuai dengan petunjuk panah pada layar LCD.

Yang perlu dicatat adalah menggerakkan kamera ke arah berikutnya harus dengan kecepatan tertentu dan stabil. Jika tidak, kamera akan gagal membuat gambar panorama. Kalaupun bisa, pada tepian gambar akan terlihat garis hitam tebal yang cukup mengganggu.

Sony NEX-5T juga bisa digunakan untuk merekam video full HD dengan kemampuan audio stereo. Yang menarik, ketika Tempo menggunakan lensa zoom 55-210 mm f/4.5-6.3, hasil rekaman terlihat halus ketika dilakukan zooming. Kualitas rekaman video tampak jernih.

Kesimpulan

Sony NEX-5T adalah salah satu kamera mirrorless dengan ukuran kompak yang tersedia di pasar saat ini. Apalagi sensor yang digunakan adalah APS-C CMOS yang cukup besar. Biasanya kamera mirrorless agar terlihat kecil akan menggunakan sensor kecil.

Fitur yang disediakan cukup beragam. Layar LCD yang bisa diangkat ke atas membuat angle pemotretan menjadi lebih kaya, continuous shooting pada 10 frame per detik membuat momen indah tak akan terlewatkan.

Bagi Anda yang menginginkan kamera mirrorless berukuran kecil dengan sensor besar APS-C CMOS, mengambil gambar dengan kecepatan tinggi, dan tersedia koneksi nirkabel NFC serta Wi-Fi, Sony NEX-5T bisa menjadi pilihan terbaik.

Spesifikasi

Tipe: Kamera kompak mirrorless
Efektif piksel: 16 MP
Tipe sensor: APS-C Exmor APS HD CMOS
Ukuran sensor: APS-C 18 x 24 mm
Mount lensa: Sony E
Lensa: 16-50 mm f/3.5-5.6 dan 55-210 mm f/4.5-6.3
Format media: Secure Digital, Secure Digital High Capacity, Memory Stick Pro Duo, Secure Digital Extended Capacity
Sensitivitas ISO: Auto, 100-25.600
Layar: 3 inci 921 ribu titik, rasio 16:9
Resolusi video: 1.080i, 1.080p
Ports: micro USB, mini HDMI
Continuous shooting: 10 fps
Waktu booting: 2 detik
Shutter Lag: 0.09 seconds
Harga: Rp 8,99 juta

PLUS

  • Mendukung Wi-Fi dan NFC
  • Rentang ISO lebar
  • Continuous shooting 10 fps
  • Video 1.080p

MINUS

  • Tak ada lampu flash
  • Tak banyak aplikasi gratis

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Chandra Djiwa is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger