Tuesday, November 19, 2013

Olympus Stylus 1 Super Zoom Camera

Harga Spesifikasi Olympus Stylus 1 | Bobotnya yang ringan, desain ringkas dan solid, dengan tipe DSLM (Digital Single Lens Mirrorless), fitur zoom super yang bagus, layak sekali menjadi pilihan kamera mirrorless di level harga 8 jutaan.

Ponsel, apapun OS-nya, mulai dari Android, Windows Phone, dan iOS dari Apple, banyak yang datang dengan fitur kamera yang semakin hari semakin bangus. Angka 5 mega piksel untuk kamera mereka itu sudah umum dan standar minimal ponsel kelas entry level sekalipun. Apalagi ponsel premium macam Xperia Z, Samsung Galaxy S4, atau iPhone 5. Kamera mereka bagus. Punah sudah alasan pabrikan kamera macam Olympus, untuk memproduksi pocket camera murah. Mereka lantas bergerak untuk membuat kamera kelas menengah, yang lazimnya menggunakan teknologi mirrorless untuk mendapatkan keuntungan dari sisi ukuran dan berat-nya.

baca juga: Kamera DSLR vs Mirrorless, Pilih Mana?

Dari harganya yang ada di kisaran 8 jutaan, (sekitar 7,8 jutaan), Olympus Stylus 1 Super Zoom ini menantang langsung Sony RX10. Lalu apa saja yang dibawanya?

Spesifikasi Olympus Stylus 1 Super Zoom

Desain dan Control

Pernah lihat seri XZ-2 dan OM-D E-M5? Kurang lebih, anda akan mendapatkan gabungan desain keduanya yang ringkas dan solid. Karena menggunakan model mirrorless, ukuran kamera ini bisa ringkas dan ringan. Ukurannya 116 mm x 87 mm x 56,5 mm dengan bobot 402 gram. Gaya retronya, membuat kamera ini terlihat elegan dan anggun.

Olympus Stylus 1

Pilihan bahan magnesium alloy warna hitam terlihat pas memberi kesan kokoh. Ada layar sentuh LCD fleksibel medol titl berukuran 3 inci dengan kepadatan piksel 1,04 juta piksel, yang bisa digerak-gerakan untuk melakukan eksplorasi dengan beragam sudut pengambilan gambar. Selain itu, tersedia pula electronic viewfinder (EVF) beresolusi 1,44 piksel, yang didukung dengan teknologi sensor mata atau eye sensor.

Image Quality dan Resolusi

Kamera Olympus Stylus 1 ini mengusung sensor gambar yang sama dengan seri XZ-2, yakni sensor BSI-CMOS berukuran 1/1,7 inci, sehingga memungkinkannya memiliki fisik lebih kecil. Tapi, kemampuannya tidak semini ukurannya tersebut. Karena, kamera ini dapat diandalkan untuk menghasilkan foto beresolusi maksimum 12 megapiksel. Sedangkan kemampuan merekam videonya, mencapai resolusi FullHD 1080p, dan 480p pada level high speed.

Pilihan yang bagus untuk mereduksi ukuran fisiknya, meski imbasnya juga agak buruk. Yaitu menurunnya kemampuan untuk capture image pada kondisi low light. Kurang lebih satu stop dibandingkan kamera Sony RX10 yang berada pada kelas yang sama. Sedangkan ISO-nya, memiliki kemampuan hingga 100-12800. Jika dibandingkan, ISO 400 pada kamera ini kurang lebih setara dengan ISO 800 pada Sony RX10.

Jangan terlalu pesimis, ada teknologi fokus Fast Touch Auto Focus yang digunakan oleh kamera Olympus PEN untuk tetap memberi nilai lebih. Selain itu, kamera Olympus Stylus 1 ini juga punya mode kreatif yang terdiri dari lima efek foto dan 11 pilihan filter artistik, serta ND Filter terintegrasi yang dapat menurunkan eksposure hingga tiga stop.

Kinerja

Sementara itu, untuk memberikan kinerja terbaik, kamera Olympus Stylus 1 ini membawa image processor TruePic VI. Hasilnya, kamera yang dilengkapi dengan kontrol manual ini dapat digunakan untuk memotret aksi-aksi cepat dengan kecepatan hingga 7 frame per detik. Selain itu, kamera ini juga memiliki shutter 1/2000s – 60s, dan kemampuan perekaman video hingga 120fps/240 frame per detik untuk slow-motion.

Perpaduan prosesor gambar tersebut dengan teknologi sensor sensor BSI-CMOS berukuran 1/1,7 inci yang juga disematkan pada kamera ini, diklaim Olympus sebagai kombinasi antara sensor berkualitas baik dan zoom serbaguna dengan kontrol manual penuh. Lensa iZUIKO yang dipakai kamera Olympus Stylus 1 ini memang memiliki optical zoom hingga 10,7x dengan aperture range f/1 – 2,8. Tidak heran jika performanya sangat mengagumkan.

Lensa jenis wide 28mm itu pula yang memberikan kemampuan super zoom pada kamera ini, seperti telah disinggung di atas. Lensa iZUIKO terbaru dengan rancangan ultra slim itu setara dengan lensa 24-300mm (35mm equivalen) pada kamera full frame. Spesifikasi lensanya tersebut membuat kamera Olympus Stylus ini jadi lebih istimewa dan menjanjikan, karena sejauh ini kebanyakan kamera super zoom hanya terbatas hingga focal length 200mm.

Tidak hanya itu, lensa fixed yang tidak dapat diganti pada kamera berdesain OM-D ini masih punya kelebihan lain. Kamera Olympus Stylus 1 ini mampu mengurangi efek blur akibat goyangan tangan secara virtual, berkat dukungan mekanisme VCM image stabilization yang dimilikinya. Kemudian, lensanya juga mampu memotret subjek dengan jarak cukup dekat hingga sekitar 5 cm, yang sangat bermanfaat bagi penggemar fotografi makro.

Fitur

Masih soal lensa, ternyata bagian tersebut juga dilengkapi dengan fitur cincin putar yang memungkinkan penggunanya untuk berganti dari mode pengoperasian digital ke analog. Pada mode digital, cincin putar itu dapat digunakan untuk melakukan zoom atau fokus secara manual. Sedangkan pada mode analog, bisa bermanfaat untuk pengaturan kamera seperti menyesuaikan aperture atau diafragma lensa, dan kecepatan rana.

Selain itu, kamera Olympus Stylus 1 ini juga memiliki automatic retractable lens cap, yang bisa membuat lensanya masuk ke dalam bodinya secara otomatis ketika tidak digunakan, dan dilindungi dengan penutup lensa. Kemudian, terdapat pula lampu flash terintegrasi, dan dukungan konektifitas berupa port USB dan HDMI, serta koneksi WiFi yang memungkinkannya untuk terhubung langsung dengan perangkat smartphone atau tablet.

Kesimpulan

Kamera Olympus Stylus 1 resmi diperkenalkan pada tanggal 29 Oktober 2013 lalu, dan akan tersedia di pasaran mulai bulan Desember 2013 mendatang. Harganya sendiri dibanderol 699,99 dolar AS atau setara dengan Rp 7,9 juta. Kamera kompak high-end ini akan menjadi pesaing utama bagi kamera Sony RX10 yang baru saja dikeluarkan beberapa waktu lalu. Apalagi, kamera ini mengedepankan kualitas dengan kemampuan dan harga yang sepadan.

1 comments:

  1. Buat yang berminat segera hubungi kami
    Tlp.082292538581 Pin.2AD96D7F
    http://mycentral7.blogspot.com/

    ReplyDelete

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Chandra Djiwa is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger